Tangan Peduli? Apakah Itu, Ternyata Dari Sebuah Gagasan Yang Mulia


847 shares

Narada.id , Team redaksi kami bertemu dengan Bapak Djohan Gautama selaku Ketua Badan Pengurus TanganPeduli.com, beliau mengungkapkan bagaimana terbentuk nya TanganPeduli.com sebagai wadah untuk saling membantu sesama. Berikut kutipan dari bapak Djohan Gautama

Sebelum ide membuat yayasan tanganpeduli.com, ada beberapa peristiwa yang mendorong saya. Saya ingat di bulan Juni yang lalu, ketika sedang mandi pagi, tiba2 saja saya teringat teman saya Maria Rosa, yang punya panti anak & panti jompo. Bagaimana ya keadaan mereka setelah pandemi berlangsung sekian lama ?

Segera setelah itu saya chatting dengan dia, dan benar saja dugaan saya bahwa yang dalam keadan normal, mereka mendapat banyak dukungan dari kelompok masyarakat yang berkunjung ke tempatnya menjadi sangat berkurang ketika pandemi. Menurut pengakuan teman saya sejak SMA ini, setiap bulannya mereka tekor dan harus menguras cadangan dana maupun dari pribadi2 pengurusnya.

Kondisi ini membuat saya berpikir, tentu panti2 sosial lainnya yang berada di Indonesia, terutama yang di pelosok2 tanah air, pasti juga sedang susah. Bahkan saya baca ada panti2 yang terpaksa ditutup karena sudah tidak sanggup lagi karena sudah berhutang ke sana sini.

Satu peristiwa lagi, ketika saya berangkat dari rumah, ada seorang tunanetra yang sering saya temui sedang berjalan sendiri dengan menggunakan tongkatnya, dia menjajakan kue dalam box plastik yang dijinjingnya. Saya sering melihat dia sore hari juga, di tempat yang agak jauh, artinya dia berkeliling dari pagi sampai sore, kadang dagangannya habis, tapi sering juga masih sisa banyak.

Kedua peristiwa inilah yang mendorong saya untuk tergerak membentuk yayasan sosial. Lalu saya segera menghubungi teman2 saya, dan ternyata kebanyakan mereka menyambut baik dan bersedia menjadi relawan. Singkatnya terkumpullah sekitar 40 relawan, dari berbagai latar belakang. Ada pengusaha, militer, para dokter, auditor, ahli hukum, perbankan, orang2 IT dan pensiunan seperti saya, bahkan juga yg masih SMA.

Kami bersepakat menamakan yayasan kami, Yayasan Tunas Pelangi Kasih atau lebih dikenal dengan nama Tanganpeduli.com. Kami akan membentuk yayasan sosial untuk penggalangan dana secara online, dan fokus kami adalah di bidang sosial dan bidang kesehatan. Kami menetapkan bahwa yayasan kami tidak akan terlibat dalam kegiatan yang mengandung SARA maupun politik.

Kami berusaha memisahkan dana operasional yayasan dengan dana untuk donasi. Dana opersional kami upayakan dari Anggota Penyantun, orang2 baik hati yang bersedia mendukung yayasan, sehingga kami harapkan dana untuk donasi dapat sepenuhnya diterima oleh yang membutuhkan.

Mungkin yang menjadi pembeda antara Tanganpeduli dengan yayasan sosial lainnya adalah, kami menempatkan panti2 sosial, yang nantinya bisa dari seluruh Indonesia, bukan sebatas campaign saja lalu hilang, tapi nama panti2 ini ada terus di website kami dan setiap saat donatur dapat menyumbang ke panti tertentu. Setiap awal bulan, kami akan mentransfer hasil donasi bulan sebelumnya kepada panti2 yang ada penyumbangnya, tanpa kami potong sepeserpun.

Kami menerapkan sistim verifikasi dua tahap, agar hanya mereka yang benar2 membutuhkan uluran tangan saja yang campaignnya kami pasang di website Tanganpeduli.com, karena kami ingin menjadi yayasan sosial yang tepercaya dan menerapkan prinsip keterbukaan dalam sistim keuangan kami sehingga siapapun yang berkepentingan bisa mendapat informasi yang diperlukan.

Mudah2an keberadaan Tanganpeduli.com dapat dimanfaatkan oleh orang2 maupun yayasan yang merasakan dampak akibat pandemi berkepanjangan ini, dan terutama kami sangat berharap agar akan banyak tangan2 baik hati dan peduli, yang akan membantu mereka semua melalui masa2 yang sulit ini.

Semoga semua usaha yang sedang kami upayakan ini mendapat restu dari Tuhan Yang Maha Kuasa, dan kami berharap mulai bulan Oktober, Tanganpeduli.com sudah bisa memulai karya sosialnya yang pertama dengan melakukan penggalangan dana untuk 60 panti sosial di Jakarta dan Jawa Barat.

Website : http://tanganpeduli.com/
FB : Tangan Peduli (@tanganpeduliamal)
IG : tanganpeduli.official
Wa : 0816 1700 0087 (Maria Agatha)
Youtube channel : tanganpeduli

TangaPeduli.com Mari Peduli Kita Berbagi
Narada.id

Like it? Share with your friends!

847 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format