Mempersiapkan Idul Adha 2021 untuk Jadi Pribadi yang Lebih Baik


821 shares
Idul Adha 2021, Makna Idul Adha 2021

Tahun 2020 sudah usai, tentunya, kamu sudah mempersiapkan berbagai hal di tahun 2021. Salah satunya terkait perayaan Idul Adha 2021. Dengan mengetahui kapan tanggal pastinya, kamu bisa mulai menabung dan memperhitungkan biaya hingga cukup untuk berkurban.

Sama dengan perayaan Idul Fitri, sebetulnya, belum ada tanggal pastinya. Kamu harus menunggu pengumuman resmi dari pemerintah dulu, ya! Tapi, kalau menurut tanggal di kalender dan yang sudah disepakati oleh SKB 3 Menteri, Idul Adha 2021 jatuh pada 20 Juli.

Tunggu Pengumuman Resmi Pemerintah Setelah Sidang Isbat

Untuk menentukan Idul Adha 2021, pastinya, pemerintah akan melakukan Sidang Isbat dulu, ya! Sidang juga baru bisa dilakukan jika sudah dilakukan dua metode, yakni hisab dan rukyat untuk menyaksikan bulan baru (hilal).

Jadi, pada Surat Keputusan Bersama Tiga Menteri, Idul Adha 2021 hanya sebagai perkiraan saja. Sidang Isbat sendiri merujuk dari Fatwa MUI (Majelis Ulama Indonesia) no. 02 th 2004 mengenai Awal Ramadhan, Syawal, dan juga Zulhijjah.

Dilakukannya Sidang Isbat adalah setiap tanggal 29 pada bulan sebelumnya menurut kalender Hijriah. Jadi, untuk menentukan Idul Adha 2021, akan dilakukan Sidang Isbat pada tanggal 29 Dzulqa’dah.

Sidang Isbat ini akan membahas hasil hisab. Setelah itu, baru dibahas terkait laporan rukyatul hilal sebelum diputuskan kapan jatuhnya 1 Zulhijjah.  Nah, rukyatul hilal dilakukan pada 84 titik yang ada di semua wilayah Indonesia.

Sidang ini akan melibatkan Tim Falakiyah dari kementerian Agama, serta perwakilan dari organisasi Islam. Apabila tanggal 1 Zulhijjah dapat ditentukan, maka akan diketahui hari raya Idul Adha 2021.

Makna Idul Adha 2021

Membahas tentang Idul Adha 2021, pastinya kamu berharap bahwa pandemi sudah berakhir. Sehingga, kamu bisa memperingati hari besar ini dengan lebih khusyuk. Kamu juga bisa melakukan berbagai kegiatan yang biasa dilakukan seperti pada Idul Adha tahun sebelum-sebelumnya.

Mulai dari menyembelih kambing, sapi, domba, atau unta. Hingga berkumpul bersama keluarga dan tetangga untuk makan besar bersama. Tak hanya itu saja, makna Idul Adha yang sesungguhnya adalah berbagi dengan sesama. Yakni dengan memberi sepertiga daging kurban kepada tetangga dan teman, sepertiganya lagi untuk fakir miskin dan orang yang membutuhkan.

Selain itu, kamu juga pasti ingin Idul Adha 2021 nanti, ketakwaan pada Allah SWT jadi semakin tinggi. Kamu akan jadi pribadi yang lebih baik dan bisa meraih kehidupan yang hasanah. Harapan selanjutnya adalah jadi orang yang bisa peduli lebih banyak pada orang-orang yang membutuhkan. Semakin tinggi empati dan semakin baik akhlak-nya.

Apalagi, di situasi pandemi, dimana semua orang harus menahan diri untuk mematuhi protokol kesehatan. Kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya, hingga makna Idul Adha 2021 dapat tercapai sepenuhnya. Mari, bersama-sama berusaha mendoakan yang terbaik untuk umat Islam dan negara Indonesia.


Like it? Share with your friends!

821 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
1
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
1
love
lol lol
1
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format