Kenali Tipe Belajar Anak Anak Saat Belajar dari Rumah


717 shares
Tipe anak belajar

Narada.id Memasuki semester baru, para siswa masih dihadapkan dengan Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ). Sebagian besar sekolah masih memberlakukan PJJ mengingat angka Covid-19 di Indonesia masih meningkat. Oleh karena itu, para siswa harus kembali belajar dan mengerjakan tugas secara daring. Pada situasi seperti ini, seringkali siswa merasa bosan ketika belajar atau merasa tidak dapat mengerti materi pelajaran. Bisa jadi siswa tidak memahami dengan benar bagaimana gaya belajar yang nyaman.

Gaya belajar pada dasarnya adalah kunci pengembangan dan kinerja diri. Gaya belajar membantu kamu untuk dapat belajar secara efektif dan dapat memaksimalkan belajar kamu terlebih saat di rumah. Ada berbagai tipe gaya belajar yang perlu kamu ketahui. Apa saja tipe-tipe belajar? Yuk, simak info berikut ini.

1. Auditori

Tipe belajar yang satu ini adalah tipe belajar yang memanfaatkan indera pendengaran. Orang yang memiliki tipe belajar auditori akan lebih sensitif pada suara, misalnya, jika kamu menyukai belajar dengan diiringi suara seperti musik atau mendengarkan penjelasan materi melalui podcast, senang berdiskusi dan menjelaskan sesuatu panjang lebar, tipe belajar itu tergolong auditori.

2. Visual

Tipe belajar yang satu ini hampir digemari oleh kebanyakan orang. Tipe belajar visual adalah tipe belajar yang memanfaatkan indera penglihatan. Tipe belajar visual ini cenderung dimiliki oleh orang –orang yang menyukai belajar dengan gambar, warna, dan membuat catatan yang rapi. Orang yang memiliki tipe belajar ini akan lebih mudah mengingat sesuatu jika ia melihat langsung daripada mendengarkan. Jika kamu senang melakukan aktivitas belajar seperti itu, berarti tipe belajarmu termasuk tipe belajar visual.

3. Kinestetik

Tipe belajar yang terakhir adalah kinestetik. Tipe belajar ini memanfaatkan sentuhan dan fisik. Jika kamu menyukai pembelajaran dengan aktivitas fisik seperti menggunakan objek nyata sebagai alat bantu belajar, banyak menggunakan isyarat tubuh, menyukai permainan dan olahraga, belajar melalui praktik, tipe belajar kamu adalah tipe kinestetik.

Nah, itulah tipe-tipe belajar yang perlu kamu ketahui. Jika kamu merasa termasuk dalam ciri-ciri tipe belajar seperti audio dan visual, maka kamu memiliki dua tipe belajar yaitu audio visual. Kenali dengan baik diri kamu, apakah kamu lebih senang belajar dengan iringan suara, melihat gambar atau menggunakan alat peraga? Jika kamu memerlukan bantuan belajar dari rumah, kamu bisa memulai di Brain Academy Online by Ruangguru. Dengan metode live teaching, kamu bisa belajar secara interaktif dan menarik bersama para Star Master Teacher Ruangguru.


Like it? Share with your friends!

717 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format