Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Property Hotel


648 shares
bisnis properti hotel

Kelebihan Dan Kekurangan Bisnis Property Hotel – Sebuah perjalanan bisnis tidak terlepas dari apa yang disebut resiko, yaitu kondisi yang tidak menguntungkan atau terjadi kerugian. namun kondisi ini telah diperhitungkan sebelumnya. Misalnya resiko dalam bisnis perhotelan, adalah persaingan yang ketat karena banyaknya hotel baru, jumlah kunjungan yang tidak menentu, menurunnya daya beli masyarakat terhadap industri pariwisata, menu yang tidak diminati, atau kondisi perekonomian yang tidak stabil.

Demikian pula dalam hal pengambilan keputusan yang terkait dengan keuangan, dimana manajemen harus mempertimbangkan return (tingkat pengembalian) dan risk (resiko). Tingkat pengembalian merupakan pendapatan yang dihasilkan untuk menutup dana investasi yang didapatkan di masa mendatang, sedangkan resiko adalah kemungkinan adanya penyimpangan dari rata – rata tingkat pengembalian yang diharapkan. Resiko juga dapat diartikan sebagai sesuatu yang tidak menguntungkan dari hasil usaha yang diharapkan.

Untuk itu, dibutuhkan pertimbangan sebelum memutuskan terjun di sebuah bisnis. Tak terkecuali bagi Anda yang ingin berbisnis property hotel. Pastikan Anda mengetahui kelebihan dan kekurangannya agar dapat menganalisanya. berikut ini kelebihan dan kekurangan bisnis property hotel.

Kelebihan Bisnis Property Hotel

1. Tarif Menyesuaikan 

Untuk bisnis property hotel biasanya memerlukan berbagai pebangunan fasilitas yang akan melengkapi layanan yang akan disewakan. Yang biasanya umum disediakan adalah layana internet. Namun ada pula yang menyediakan AC, kolam renang, tempat nongkrong seperti gasebo dan sebagainya.

Berbagai layanan yang anda sediakan untuk pengunjung hotel ini tentu mempengaruhi tarif yang anda tentukan. Semakin lengkap anda menyediakan fasilitas pelayanan, maka semakin mahal anda akan membandrol tarif menginap di hotel yang anda miliki. Anda bisa membangun fasilitas tersebut sedikit demi sedikit.

2. Mudah Balik Modal

Jika kondisi pariwisata berjalan dengan lancar, atau pada masa liburan maka pemasukan dari penyewa hotel akan lancar. Karena itulah ketika anda mengeluarkan modal untuk membangun hotel dan disewakan, maka modal yang anda keluarkan akan kembali dalam jagka waktu yang relatif cepat.

Modal yang bisa anda raih kembali bisa selama setahun saja. Hal itu cukup singkat jika dibandingkan ketika anda menggunakan bangunan tersebut sebagai rumah kontrakan. Property lebih cepat mendapatkan keuntungan karena ketersediaan pasar, karena itulah sebaiknya anda membangun hotel di lokasi yang bagus.

3. Memungkinkn Untuk Ekspansi

Setiap bisnis yang dibangun oleh siapapun termasuk anda, tentu menginginkan bisnis berkembang ke lingkup yang lebih besar. Karena itulah jika anda membangun suatu bisnis harus memikirkan bagaimana rencana ke depannya untuk bisa lebih besar lagi.

Termasuk ketika anda membangun bisnis property hotel, anda harus memproyeksikan perkembangan ke depan. Peluang untuk melebar ke sektor bisnis lainnya tinggi untuk bisnis ini. Anda bisa membangun bisnis cafe, restoran atau bar untuk perkmbangan dari bisnis anda.

3. Income Rutin

Bisnis yang di kembangkan dengan bagus akan memberikan penghasilan yang rutin sehingga bisa diandalkan untuk kedepannya. Begitu juga dengan bisnis property hotel atau sejenisnya. Dengan pemasaran yang bagus, pelayanan yang bagus dan pengelolaan property yang bagus pelanggan akan merasa puas dan ulasan yang akan mereka berikan berupa ulasan yang baik.

Saat ini rating di dunia maya sangat menentukan keberlangsungan bisnis. Anda bisa melihat berbagai rating dari hotel, spot wisata dan sebagainya di website. Dengan rating yang bagus maka seseorang yang mencari hotel untuk disinggahi akan memperhtikan hotel milik anda. Dengan demikian bisnis anda akan lancar.

Kekurangan Bisnis Property Hotel

1. Bermodal Besar

Meskipun terjun dalam bisnis pengiapan hotel tidak memerlukan modal sebesar bisnis membangun hotel atau losmen, namun jenis-jenis property skala kecil memerlukan modall berupa property yang tentu saja harganya tidak murah. Karena itulah bisnis seperti ini hanya bisa di lakukan oleh orang yang memiliki modal cukup besar.

Jika anda memulai dari awal, anda tentu harus menyediaka bangunan. Anda bisa membelinya dari bangunan yang sudah jadi atau membangunnya dari awal. Jika membangun bangunan dari awal, tentu biayanya akan lebih besar dari pada membeli bangunan yang sudah jadi.

2. Lokasi Sangat Menentukan

Lokasi hotel yang anda bangun sangat menentukan maju dan mundurnya bisnis anda. Hal ini terkait dengan potensi wisata di daerah tempat anda membuka hotel. Jika anda membangun bisnis property ini di daerah yang sering dikunjungi wisatawan maka tentu akan sering laku. Namun jika anda memiliki bangunan hotel di daerah yang jauh dari destinasi wisata maka anda perlu lebih keras melakukan usaha marketing.

Seseorang yang menyewa hotel sebagian besar hanya digunakan untuk bermalam selama liburan. Karena itu wisatawan tentu lebih tertarik dengan hotel yang lokasinya memudahkan mereka untuk menuju destinasi wisata yang diinginkan. Lokasi ini juga berkaitan dengan kemudahan akses transportasi terutama transportasi umum.

3. Tergantung Pada Kondisi Sektor Pariwisata

Maju dan mundurnya bisnis hotel tergantung dengan kondisi wisata di suatu daerah. Jika kondisi wisatanya bagus maka bisnis akan berjalan dengan baik. Namun jika pariwisata terpuruk maka bisnis juga akan mengalami dampaknya. Sedangkan sektor pariwisata tergantung dengan kondis sosial, politik ,ekonomi dan kemamanan suatu negara. 

Semakin lengkap fasilitas maka harga sewa semakin mahal. Sumber Unsplash

Beberapa bulan yang lalu dengan adanya wabah Covid 19 ternyata memberikan dampak yang parah di sektor pariwisata. Berbagai spot destinasi wisata ditutup dalam jangka lama, sehingga hal ini berimbas pada bisnis lainnya yang berhubungan dengan pariwisata, salah satunya adalah bisnis hotel.

Itulah beberapa ulasan mengenai untung rugi bisnis property hotel. Dengan mengetahui sisi negatif dan juga sisi positif dalam suatu bisnis, maka anda tidak akan gegabah dalam memulai suatu bisnis.


Like it? Share with your friends!

648 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format