Kata Rektor IPB University Posisi Indonesia di Kawasan Pasifik Semakin Apik


937 shares

Narada ID — Kata Rektor IPB University, Prof Arif Satria, posisi Indonesia di antara negara-negara di Kawasan Pasifik semakin apik. Hal ini disampaikannya dalam  webinar Prioritas Indonesia di Kawasan Pasifik yang diselenggarakan Kedutaan Besar Republik Indonesia (KBRI) Wellington, IPB University dan Universitas Bina Nusantara, belum lama ini.

“Kesuksesan kegiatan Pacific Exposition, pameran dagang, investasi dan pariwisata untuk negara-negara di Pasifik yang berlangsung pada 2019 di Selandia Baru, akan semakin meningkatkan peran Indonesia di Pasifik. Isu penting yang dapat dibahas di dunia global termasuk di Kawasan Pasifik adalah climate change, kependudukan, teknologi dan juga pandemi Covid-19 yang sedang terjadi,” imbuhnya seperti dikutip dalam rilis yang diterima Republika.co.id.

Masih menurutnya, Kawasan  Pasifik ini adalah kawasan yang sangat strategis. Ini menjadi kesempatan Indonesia untuk bisa terus berperan di Kawasan Pasifik.

Peran yang telah dilakukan Indonesia (dengan keterlibatan para saintis IPB University) adalah terkait pengelolaan manajemen sumberdaya di bidang perikanan dan kelautan agar bisa lebih berkelanjutan. Salah satu contohnya adalah pengembangan perikanan dan kelautan yang bekerja sama dengan Solomon, Papua Nugini, Filipina.

Katanya juga, beberapa kesepakatan yang dilakukan Indonesia dan negara Kawasan Pasifik lainnya di  mana saintis IPB University  turut berperan aktif  adalah The Western and Central Pacific Fisheries Convention (WCPFC), Commission for The Conservation of Southern Bluefin Tuna (CCSBT), Coral Triangle Initiative. Kerja  sama ini terkait sustainability bioresources di bidang kelautan.

“Persoalan sustainability seperti penanganan pencemaran harus dilakukan bersama. Karena jika laut di satu titik rusak maka bagian yang lain pun bisa ikut rusak.Contohnya adalah penyu. Penyu yang ada di Sulawesi ternyata punya pola migrasi menarik di wilayah Pasifik. Salah satunya ke Papua Nugini. Sehingga penyu-penyu yang ada di sana adalah penyu Trans Pasific. Sebagian mereka bermigrasi ke Amerika, sebagian transit di negara-negara Pasifik. Ini bisa menjadi isu kritis karena tidak bisa hanya perlu konservasi di Indonesia tapi juga perlu konservasi di Asia Pasifik,” ujarnya.

Isu lainnya adalah climate change. Pulau-pulau kecil di daerah-daerah yang rentan, termasuk Indonesia, penting untuk terus berkonsolidasi untuk keberlangsungan keberadaan pulau tersebut.

Sedangkan Duta Besar RI untuk Selandia Baru, Tantowi Yahya menyampaikan bahwa pergerakan Indonesia di Kawasan Pasifik masih luput dari pemberitaan dan masih kurang dirasakan. Sehingga berpengaruh terhadap skala kepentingan luar negeri Indonesia. Ristia/  Sudin Hasibuan


Like it? Share with your friends!

937 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format