Informasi Tentang SBMPTN 2021, Siap Jadi Mahasiswa Baru PTN?


787 shares
Informasi Tentang SBMPTN 2021

Masa SMA hampir usai, nih. Pastinya, kamu yang sudah hampir lulus, mulai memikirkan langkah ke depan. Apakah akan melanjutkan kuliah atau mulai bekerja. Namun, sesuai dengan salah satu pepatah, “belajar lah dari lahir sampai liang lahat”, maka meneruskan ke Perguruan Tinggi adalah hal yang sangat mulai. Kalau kamu bermimpi bisa masuk ke PTN favorit, tentu harus melewati SBMPTN 2021.

Nah, SBMPTN 2021 sendiri adalah seleksi yang dilakukan untuk menjaring calon mahasiswa terbaik di PTN. Hal ini dikarenakan daya tampung PTN yang sangat terbatas. Ujian ini menggunakan sistem UTBK atau Ujian Tertulis Berbasis Komputer. Peserta yang mengikuti SBMPTN ini berasal dari seluruh antero Indonesia.

Persaingan SBMPTN 2021 tidak akan mudah, lho! Setiap tahun saja, yang diterima hanya 20%-an saja. So, kamu harus mempersiapkan segala sesuatunya, ya!

Bagaimana Ujian SBMPTN 2021?

SBMPTN ini adalah ujian yang tidak seperti ujian yang biasanya kamu lewati di sekolah. PAS dan PTS adalah ujian evaluasi untuk menilai dan memperbaiki kekuranganmu. Namun, beda dengan UTBK pada SBMPTN ini, dimana ujian ini berfungsi menyaring peserta.

Teknis Pelaksanaan SBMPTN 2021

Seleksi yang akan kamu lakukan dalam SBMPTN 2021 adalah ujian yang menggunakan basis komputer. Di beberapa PTN dan PTS,  penerimaan mahasiswa baru melalui jalur seleksi mandiri ada yang tidak melaksanakan tes kembali. Melainkan hanya memakai hasil UTBK yang sudah dilakukan tadi.

Tes yang akan dijalankan pada SBMPTN 2021 terbagi menjadi dua. Untuk kelompok Saintek dan Soshum, tesnya adalah TPS (Tes Potensi Skolastik) dan TKA (Tes Kompetensi Akademik) Saintek atau Soshum. Sedangkan untuk kelompok campuran, tes yang dijalankan ada tiga, yakni TPS (Tes Potensi Solastik), TKA (Tes Kompetensi Akademik) Saintek dan juga Soshum.

Jadwal SBMPTN 2021

Pelaksanaan SBMPTN 2021 akan dibagi dalam 2 gelombang. Dimana peserta hanya boleh ikut satu kali saja. Nah, jadwalnya sendiri bisa kamu lihat di bawah ini!

Gelombang 1 : Tanggal 12 sampai 18 April 2021.

Gelombang 2 : Tanggal 26 April sampai 2 Mei 2021.

Tanggal Kegiatan
7 Februari sampai 12 Maret 2021 Registrasi akun LTMPT
15 Maret sampai 1 April 2021 Pendaftaran
12 sampai 18 April 2021 Pelaksanaan SBMPTN Gel 1
26 April sampai 2 Mei 2021 Pelaksanaan SBMPTN Gel 2
14 Juni 2021 Pengumuman

Jadwal dan lokasi ujian selengkapnya bisa kamu pilih ketika proses registrasi. Sebab, UTBK dilakukan dalam 2 sesi setiap harinya.

Sedangkan persyaratan untuk ikut SBMPTN 2021 adalah punya akun LPMPT, siswa kelas 12 di tahun 2021 atau lulusan 2019 dan 2020. Maksimal usia diperbolehkan mendaftar adalah 25 tahun.

Untuk biaya pendaftarannya sendiri adalah Rp 200.000,- untuk ujian soshum dan saintek. Sedangkan untuk jurusan campuran sebesar Rp 300.000,-.

Itulah informasi singkat tentang SBMPTN 2021. Pastikan kamu melakukan persiapan dengan matang supaya bisa lolos dan jadi mahasiswa di PTN favoritmu.


Like it? Share with your friends!

787 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format