Antara Faksi Partai Berkuasa di Filipina Terjadi Perselisihan


797 shares

Narada ID — Perselisihan antara faksi-faksi yang bersaing di partai yang berkuasa di Filipina, PDP-Laban, meningkat pada Ahad (29/8). Sebuah kelompok yang dipimpin petinju Emmanuel Pacquiao mencoba untuk mencopot Presiden Rodrigo Duterte dari perannya sebagai ketua partai.

Para pendukung Duterte menolak untuk mengakui keputusan tersebut. Mereka menyatakan, presiden Filipina itu ketua partai dan mencap faksi lain sebagai berpura-pura serta mencari perhatian.

Pacquiao, Duterte, dan pendukung mereka masing-masing telah berusaha untuk merebut kendali partai PDP-Laban menjelang pemilihan Mei. Faksi yang didukung oleh Duterte baru-baru ini mencopot Pacquiao sebagai presiden partai, tetapi Pacquiao menolak untuk mundur.

Keduanya berselisih pada Juni setelah Pacquiao mengkritik sikap Duterte tentang sengketa wilayah Laut China Selatan dengan China. Terakhir, Duterte membalas dengan mengecam pengetahuan kebijakan luar negeri dari petinju itu sangat dangkal.

Pacquiao dan sekutunya di partai memilih Senator Aquilino “Koko” Pimentel III sebagai ketua. Pendukung Duterte menolak untuk mengakui pemilihan Pimentel. “Presiden Rodrigo Roa Duterte adalah ketua partai PDP Laban. Dia tetap begitu dan akan terus begitu,” kata kelompok yang dipimpin oleh Duterte itu dalam sebuah pernyataan.

Ketua komisi pemilihan Filipina yang dikutip pekan lalu mengatakan pihaknya harus memutuskan berdasarkan dokumen dan konstitusi partai fraksi mana yang merupakan wakil sah dari PDP-Laban. Pekan lalu Duterte yang telah berkuasa sejak 2016 mengatakan akan mencalonkan diri sebagai wakil presiden pada pemilihan Mei 2022 di bawah panji PDP-Laban. Menurut konstitusi yang berlaku, seorang presiden hanya dapat menjabat satu kali masa jabatan selama enam tahun.

Partai tersebut akan mengadakan konvensi nasional pada 8 September ketika partai itu diharapkan mendukung ajudan Duterte dan senator petahana Christopher “Bong” Go untuk menjadi calon presidennya. Sedangkan Pacquiao mengatakan akan mengumumkan bulan depan jika akan mencalonkan diri sebagai presiden pada 2022.ristia/sudin hasibuan


Like it? Share with your friends!

797 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format