6 Macam Hewan Ternak Yang Menguntungkan Bisnis Peternakan


757 shares
6 Macam Hewan Ternak Yang Menguntungkan Bisnis Peternakan

6 Macam Hewan Ternak Yang Dapat Menguntungkan Bisnis Peternakan – Ada banyak Jenis ternak yang menguntungkan memang sangat menggiurkan bila dijalankan untuk usaha beternak baik bidang peternakan atau perikanan. Namun banyak pertimbangan usaha yang memungkinkan usaha tidak mengalami kendala modal. Bagi pemulia, jenis ternak kecil untuk bisnis sampingan dengan modal kecil menjadi pilihan untuk usaha budidaya ternak yang menjanjikan walaupun usaha skala rumahan. Karena belum tentu usaha sampingan ternak bisa dijalankan dirumah dengan disanding dengan pekerjaan lainnya seperti pelajar atau mahasiswa, ibu rumah tangga, karyawan atau PNS yang memiliki kesibukan lebih.

Selain pemilihan jenis ternak yang menjanjikan, kita perlu memiliki kiat usaha dalam beternak agar usaha peternakan kecil tersebut bisa berkelanjutan. Hal yang perlu anda ketahui sebagai calon peternak sukses ialah ternak itu makhluk hidup butuh makanan sehat, perawatan yang baik agar menghasilkan produk yang maksimal, baik itu berupa outputnya ternak itu sendiri, daging, telur maupun susu. Berikut ini 6 hewan ternak

  1. Beternak kelinci

Kenapa kelinci, mungkin jika dipikir pikir pemeliharaannya akan rumit. Namun jika anda pernah memelihara jenis kelinci yang tahan penyakit seperti jenis rek, flamish giant, new zealand dan dutsh anda akan mengalami rasa senang ketika memanen hasil. Beternak kelinci sangatlah mudah, apalagi jika anda sudah berpengalaman dalam dunia usaha peternakan kelinci. Hasil yang didapat dari beternak kelinci adalah berupa anakan. Kelinci sekali bernanak mencapai 6-8 ekor dengan lama kebuntingan hanya 30-40 hari. Hal ini sangat mempermudah perputaran modal. Untuk harga per ekornya saja 30-40ribu. Jika dalam melahirkan dan dijual pada umur 40 hari anda akan mendapatkan 320ribu dalam waktu dua bulan itu dari satu indukan. Jika saja anda memilikiq 10 indukan saja anda sudah untung berlipat.

  • Beternak lele

Usaha beternak lele akhir akhir ini sangat digemari oleh masyarakat karena sangat mudah dalam perawatan, selain itu modalnya kecil. Usaha beternak lele bisa menggunakan alternatif seperti beternak dalam kolam terpal dan beternak dalam drum atau tong. Dalam waktu 40-50 hari anda bisa menikmati hasil panen ikan lele. Pertimbangan lain adalah biaya pakannya murah karena bisa mengandalkan pakan pakan limbah tanpa harus mengurangi kadar gizi dan kebtuhan gizi lele tersebut.

  • Beternak kroto

Semakin banyaknya peternak brung kicau membuka peluang usaha beternak kroto, karena kroto adalah makanan favorit dari buurng kicau. Beternak kroto tidak membutuhkan baiaya mahal, kenapa ? karena anda dapat menggunakan toples untuk media rumah kroto dan makanannya pun mudah tidak seperti ternak besar lainnya yang ahrus beli dengan biaya mahal. Jadi, beternak kroto sangat direkomendasikan jika anda tidak memiliki keahlian dan modal besar.

  • Beternak jangkrik

Sama halnya denngan beternak kroto, beternak jangkrik pu mudah dilakukan dengan modal kecil. Peluang ini terbuka juga karena semakin banyaknya orang memlihara burung kicau. Jangkrik juga salah satu makanan favorit, terutama dalam hal merawat suara burung agar suaranya bagus. Anda cukup membeli bibit atau telur jangkrik kemudian dikembangkan dalam sebuah kotak cukup besar. Jangan khawtir sola makanan karena makanannya mudah dcari dan murah seperti daun kering, ubi ubian dan sayuran. Usaha beternak jangkrik juga sangat direkomendasikan jika anda memiliki modal kecil untuk memilih jenis ternak yang menguntungkan ini, apalagi jika penyuka burung kicau, mungkin banyak motivasi jika anda berusaha menjalankannya.

  • Beternak cacing

Mungkin anda berpikit buat apa ternak cacing? Karena cacing pun tanoa diternak juga mudah dicari di alam. Janganlah berpikir bgeitu semua bisa dijadikan usaha yang penting tidak merugikan orang lain. Cacing dibutuhkan untuk makanan ikan baik itu ikan hias seperti cupang atau ikan konsumsi seperti lele dan nila. Cacing yang bisa diternakan ialah jenis cacing lumbricus sp atau jenis cacing tanah. Unruk modal usahanya cukup murah karena hanya memerlikan tempat sederhana untuk rumah cacing fdan makananya pun tidak susah beli, karena bisa menggunakan kotoran ternak.

  • Beternak bebek

Bebek juga salah satu alternatif ternak yang menguntungkan yang mungkin sedikit lebih banyak diminati oleh orang indonesia dibandingkan entok. Usaha beternak bebek petelur skala rumahan cukup dengan modal sedikit namun cukup juga memerlukan waktu untuk perawatan karena pakan bebek cenderung lebih mahal dibanding entok karena salah satunya yang dihasilakna adlah telur. Telur yang dihasilkan bisa langsung dijual atau bisa kita usahakan lagi menjadi bisnis telur asin atau telur asap sehingga bisa menambah nilai jual dari telur tersebut. Sehingga usaha beternak bebek juga mungkin bisa menjadi pilihan untuk usaha sampingan dirumah.

Demikian ulasan mengennai jenis usaha ternak yang menguntungkan dengan modal sedikit yang bisa anda jalankan.


Like it? Share with your friends!

757 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format