Nekat Bukber, Awas Kena Denda 100 Juta


567 shares

Narada ID – Virus Corona yang penyebarannya semakin meluas, membuat berbagai aktivitas masyarakat di luar rumah semakin dibatasi. Beragam aturan pembatasan yang dikeluarkan pemerintah merupakan tindakan pencegahan agar virus Corona tidak semakin meluas penularannya.

Physical distancing atau menjaga jarak serta larangan untuk berkumpul atau berkerumun, merupakan aturan yang wajib untuk dilakukan oleh masyarakat guna mencegah penularan virus Corona.  Padahal, kegiatan berkumpul  merupakan aktivitas yang kerap kali dilakukan oleh sebagian besar masyarakat Indonesia, terutama pada bulan Ramadan seperti saat ini.

Ilustrasi. (Freepik)

Biasanya setiap bulan Ramadan, salah satu kebiasaan berkumpul yang sering dilakukan yakni kegiatan buka bersama (Bukber). Akan tetapi, pada Ramadan tahun ini masyarakat harus menahan diri untuk tidak melakukan kegiatan bukber karena adanya pandemi Corona.

Lalu, bagaimana jika ada warga yang tetap melakukan bukber? Berbagai sanksi tentunya sudah menanti jika ada yang melanggar. Mulai dari denda hingga kurungan penjara, menjadi hukuman yang harus siap diterima oleh para pelanggar.

Seperti aturan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Provinsi DKI Jakarta, mengenai larangan berkumpul termasuk melakukan kegiatan bukber. Tak main-main, bagi yang melanggar aturan tersebut akan diberikan sanksi berupa denda administratif maksimal Rp 100 juta, serta ancaman kurungan penjara hingga satu tahun.

“Kami akan tertibkan kalau ada yang nekat. Sikap kami akan tegas menegakkan aturan ini,” ujar Kepala Satpol PP DKI Jakarta, Arifin.

Menurut Arifin, pemberian sanksi tersebut berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2018 tentang Kekarantinaan Kesehatan pasal 93.

“Kan udah jelas aturannya ada di Undang-Undang Kekarantinaan,” jelasnya.

Namun, sebelum sanksi tersebut diterapkan, akan diberikan terlebih dahulu tindakan persuasif berupa sosialisasi dan pembubaran kegiatan bukber yang dilakukan oleh para pelanggar. Aturan ini berlaku kepada seluruh warga DKI Jakarta tanpa terkecuali. (eic)


Like it? Share with your friends!

567 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format