Mahasiswa Berdemo, Ini Dia Alasanya


537 shares
Ilustrrasi pendemo Mahasiswa penolakan RUU KUHP

23 September 2019, adalah salah satu hari untuk diingat oleh siswa di Yogyakarta. Ribuan mahasiswa berkumpul di persimpangan jalan Gejayan untuk memprotes kebijakan pemerintah. Mereka tidak setuju dengan berbagai bab dalam RKUHP ngasal. Contohnya adalah artikel yang mengurangi hukuman pidana, membatasi kebebasan pers, menarik denda bagi para tunawisma, dan banyak lagi. Sementara Jokowi harus menunda ratifikasi, RKUHP ini masih harus dipantau untuk menghindari salah arah.

Itu sebabnya gerakan #GejayanMemanggil muncul. Dia telah menjadi nomor satu trending Twitter, hashtag dirusak demonstrasi ribu di Yogyakarta terlihat. Dari jam 11.00, mereka berkumpul di persimpangan tiga yaitu UGM, UIN, Universitas Sanata Dharma dan. Lalu mereka pergi bersama-sama dan bersatu dalam serikat Kolombo, Gejayan. Mereka tampak antusias dan bersemangat. Bahkan, mereka telah bermain di bawah sinar matahari sampai demonstrasi berakhir pukul 16.30 jam. Sebenarnya, saya bertanya-tanya mengapa para siswa ini bergabung didalamnya?

Ilustrrasi pendemo Mahasiswa penolakan RUU KUHP

Tidak memiliki klaim di media sosial jika tindakan #GejayanMemanggil diciptakan oleh HTI, organisasi politik pan-Islam. Namun, usulan itu ditolak oleh Ismail Fahmi melalui thread, ia tweeted. Berdasarkan data yang dikumpulkan, itu menunjukkan bahwa tindakan #GejayanMemanggil tidak berhubungan dengan Khalifah tidak califato. Oleh karena itu, tindakan yang diambil oleh siswa sendiri.

Ilustrrasi pendemo Mahasiswa penolakan RUU KUHP

Di sisi lain, telah dilaporkan bahwa orang yang datang ke demonstrasi ini benar-benar dibayar. Meskipun bisbol itu. Selama acara berlangsung, para demonstran tampaknya benar-benar serius. Ternyata setiap siswa memiliki alasan mereka sendiri yang mendorong membuat tindakan di Gejayan. Hipwee telah mewawancarai 10 mahasiswa untuk menentukan mengapa komitmen mereka untuk berpartisipasi bergerah-tenggelam diri dalam protes.

  1. “Alasan saya hadir karena aku sudah dua minggu mengerutu karena membaca berita. Dan saya menyadari bahwa tidak akan mengubah appaun merokok. KPK tewas di tempat, orang mengatakan mereka berdoa hutan terbakar , ditinda Papua, maka rancangan KUHP tidak penting. saya merasa itu tidak mungkin lagi untuk diam dan tidak pergi ke jalan “(Omar, 25 tahun)
  2. “RKUHP menganggap itu tidak adil. Untuk anak perempuan, itu sangat sedih ketika ada item yang tidak tahu ngebolehin korban perkosaan untuk aborsi. Jadi saya di sini untuk memprotes.” (Diana, 23 tahun)
  3. “Saya tidak ingin melewatkan momen bersejarah ini. Acara terakhir mahasiswa kan Gejayan Jogja pada tahun 1998. Untungnya ada sekarang lagi, ini adalah bukti bahwa aspirasi mahasiswa tidak mati.” (Fauzi, 22 tahun)
  4. “Kami adalah mahasiswa, sehingga memiliki tanggung jawab bagi negara jika ada masalah dalam suara. Itulah mengapa saya bergabung demo. Ini adalah kesempatan besar untuk protes terhadap kebijakan pemerintah yang tidak masuk akal, seperti kebebasan pers dibatasi. “(Star, 20 tahun)
  5. “Saya pikir lebih kacau, kacau. Indonesia adalah sebuah RKUHP, tagihan-PKS, karhutla, dan masalah rasisme. Tapi pemerintah belum membuat solusi yang berarti. Demonstrasi ini dapat menjadi metode yang efektif untuk menekan pemerintah untuk segera menyelesaikan masalah”.
  6. “Rasanya sangat marah karena RKUHP tidak merusak artikel KPK. Meskipun keberadaan KPK tidak penting untuk mengawal penjahat. Aku di sini untuk protes.” (Ivan, 22 tahun)
  7. “Aku di sini untuk ngelihat tanda-tanda menunjukkan bahwa biasanya pedes tapi hehe lucu. Saya sendiri juga membuat poster tentang hukuman mati. Saya pikir hukuman itu harus RKUHP menghapusnya karena setiap manusia memiliki hak untuk hidup.” (Rani, 23 tahun)
  8. “Saya pikir protes kami dalam waktu kurang didenger media sosial. Itulah mengapa saya bergabung demonstrasi Gejayan. Mudah-mudahan dengan orang banyak, Pak Jokowi bisa mendengar kita semua.” (Ninik, 21)
  9. “Jika ada solusi lain untuk RKUHP protes, saya tidak akan berada di sini. Kondisi Indonesia terlalu serius dan kita harus membuat demonstrasi nyadarin bagi pemerintah.” (Kevin, 24 tahun)
  10. “Namun yang pasti dibayar tidak massal, lha Wong memotong gaji saya untuk hilang pekerjaan hari ini untuk turun ke jalan adalah jauh lebih tinggi daripada pra-bayar sepeser pun seperti itu. Saya memilih karena ceritanya yang terlibat kami ia mengatakan bahwa perubahan besar di Indonesia tidak pernah bisa mempercayai orang di pemerintahan saja, perlu ada intimidasi dari warga sipil ini adalah cara untuk menunjukkan bahwa orang masih tidak menyadari kedaulatan mereka “-. ( Bella, 27 tahun)
Ilustrrasi pendemo Mahasiswa penolakan RUU KUHP
Ilustrrasi pendemo Mahasiswa penolakan RUU KUHP

Itu motif pengakuan baris yang membuat siswa turun ke jalan untuk demonstrasi. Ternyata masing-masing memiliki panggilan yang berbeda. Tapi mereka memiliki tujuan yang sama, yaitu untuk membuat kondisi negara kita tempat yang lebih baik. Dan mereka menunjukkan mereka datang karena mereka benar-benar memahami masalah. mudah-mudahan menunjukkan hari ini Gejayan dapat menyebabkan pemerintah mengambil solusi segera!


Like it? Share with your friends!

537 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
1
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format