Apa Yang Terjadi Jika Bumi Itu Datar?


557 shares

Narada ID – Sejak zaman menghitung sudut matahari, penemuan hukum gravitasi hingga bukti fotografi, sudah menunjukkan jika bumi itu bulat. Namun, masih ada beberapa pihak yang beranggapan jika bumi itu datar, seperti yang sangat diyakini oleh para pengamat konspirasi flat earth.

Seandainya jika bumi benar-benar datar, apa yang akan terjadi pada bumi kita? berikut penjelasannya.

Jadi jika bumi ini bentuknya datar atau seperti bentuk piring yang melaju ke atas dalam kecepatan tetap di mana matahari serta bulan berputar di atas bumi, maka gravitasi, gerhana matahari dan bulan, bahkan teori heliosentris, tidaklah berlaku. Berbeda dengan bumi bulat, bentuk bumi yang datar bikin gravitasi jadi fiksi. Karena sifatnya yang menarik ke pusat gravitasi, seharusnya benda sebesar bumi itu bentuknya bulat.

Bayangin ini kayak mainan lilin yang kita tekan pakai dua tangan, pasti lilin itu akan jadi bulat. Jika tidak ada gaya gravitasi, benda akan jadi melayang-layang, atmosfer tidak lagi menyelimuti bumi, langit pun jadi gelap, tak ada cuaca, tak ada oksigen, sinar matahari menyerang dan akhirnya tidak akan ada kehidupan di muka bumi.

Akan tetapi, jika seandainya masih ada gravitasi, efeknya adalah orang-orang yang tinggal di tepi bumi akan kerepotan. Karena semakin ke pinggir, daya tarik gravitasi akan membawa benda-benda ke pusat bumi. Efeknya, orang-orang di tengah bagian bumi akan merasa baik-baik aja, tapi semakin ke pinggir, rasanya seperti naik-naik ke puncak gunung. Bangunan-bangunan pun bakal miring ke arah pusat bumi, begitu juga tumbuhan, air, dan bahkan kalau kita main bola, bolanya bakal susah banget ditendang.

Pada dasarnya, manusia adalah penjelajah yang selalu ingin tahu jawaban tentang alam semesta. Maka, sejak manusia mulai mengamati pergerakan bintang, muncul berbagai versi kisah, baik tentang bumi yang kita pijak maupun alam semesta yang berada di atas kepala. Semua peradaban punya versinya sendiri, sampai akhirnya kita menemukan kunci untuk menemukan jawaban, dan ia bernama ilmu pengetahuan.

Membuktikan pada dunia, dengan cara ilmiah bahwa bentuk bumi itu datar. Pastinya, itu akan menghebohkan dunia. Namun kebanyakan, yang ada hanyalah suatu versi sejarah dengan bukti namun tidak secara ilmiah sehingga tak bisa dipertanyakan. Itulah yang berlawanan dengan esensi ilmu pengetahuan, kita hanya mempercayainya saja, tidak coba membuktikannya. Jadi, dengan kondisi itu, bumi yang berbentuk datar itu masih berupa asumsi yang belum bisa dibuktikan.

Penulis : Fachri Ramdhan Al Mubaroq

Editor : Arie Fauzirachman


Like it? Share with your friends!

557 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
1
geeky
love love
1
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format