5 Tips Kurangi Beban untuk Hindari Bagasi Berbayar


687 shares
5 Tips Kurangi Beban untuk Hindari Bagasi Berbayar

Di awal tahun 2019, dunia touring Indonesia dikejutkan oleh keputusan beberapa maskapai penerbangan murah (finances airways) yang meniadakan fasilitas bagasi free of charge bagi penumpangnya. Dengan peraturan terbaru ini, penumpang maskapai tersebut hanya dapat membawa barang bawaan dengan berat maksimal 7 kg yang dapat dibawa ke dalam kabin. Sementara itu untuk barang bawaan yang tidak dapat dibawa ke kabin, penumpang pun diharuskan membayar biaya bagasi tambahan dengan tarif yang ditentukan oleh masing-masing maskapai.

Nah bagi kamu yang suka jalan-jalan murah, peraturan ini tentunya menjadi tantangan sendiri ketika merencakanan liburan panjang dengan finances terbatas. Namun dengan memakai beberapa ideas di bawah ini, kamu masih dapat kok menghindari biaya bagasi berbayar tersebut. Simak baik-baik ya!

1. Gunakan pakaian berlapis

Peraturan penerbangan membatasi berat barang bawaan yang dapat dibawa ke dalam kabin—namun, tidak ada aturan yang mengatur berat pakaian yang dapat kamu kenakan di dalam kabin. Dengan memakai logika ini, kamu pun dapat memakai berlapis-lapis pakaian sebanyak apapun untuk mengurangi berat barang bawaan!

Nah, jumlah beban yang dapat dikurangi bergantung pada tingkat toleransi kamu terhadap panas, immobilitas, serta rasa malu. Kamu dapat saja mengenakan seluruh baju, celana, jaket dan dalaman untuk Four hari perjalanan secara berlapis, namun tentunya hal ini sangat tidak praktis dilakukan di iklim Indonesia yang panas.

2. Manfaatkan kantong pakaian kamu

Sama seperti di poin pertama, hingga saat ini belum ada aturan mengenai berat barang bawaan di dalam kantong pakaian yang dibawa ke dalam kabin. Dengan logika tersebut, Kamu pun bebas membawa barang-barang berukuran kecil hingga sedang ke dalam kantong untuk mengurangi beban bagasi kabin; seperti telepon genggam, buku bacaan, pill, celana dalam, dan lain-lain. Semakin banyak kantung yang Kamu punya, semakin banyak pula barang yang dapat Kamu sembunyikan!

Salah satu kekurangan dari teknik ini adalah Kamu harus mengeluarkan semua barang-barang tersebut ketika melewati safety verify. Kamu pun dapat mensiasatinya dengan memasukan kembali barang-barang tersebut ke dalam tas setelah ditimbang di check-in counter.

3. Verify-in mandiri secara on-line

Dengan memakai fasilitas on-line check-in dan mencetak boarding move secara mandiri, kamu dapat menghindari proses penimbangan barang di check-in counter. Kamu pun dapat langsung berjalan menuju safety verify dan mengurangi peluang terdeteksi membawa muatan berlebih ke dalam kabin!

Nah, teknik ini hanya berguna jika bagasi kabin yang kamu bawa terlihat relatif kecil. Jika kamu membawa tas bagasi kabin yang terlihat sangat besar, pihak maskapai mungkin akan curiga dan memaksa kamu menimbang bagasi di check-in counter. Bila berat barang bawaan kamu ternyata melebihi ketentuan, barang kamu pun tidak dapat dibawa ke dalam kabin dan harus dikenakan biaya bagasi tambahan.

4. Beli Alat-alat mandi dan mencuci baju di lokasi tujuan

Selain beban muatan, peraturan penerbangan pula membatasi quantity cairan yang dapat kamu bawa di bagasi kabin. Untuk mengatasi hal ini, buatlah rencana untuk membeli alat-alat mandi seperti sabun, shampoo dan kondisioner di lokasi tujuan. Sebelum berangkat, lakukanlah riset untuk mengetahui apakah model yang biasa kamu pakai pula dijual secara luas di lokasi tujuan.

Jika kamu berencana untuk bepergian lebih dari Three hari, pertimbangkan kemungkinan mencuci pakaian kamu di lokasi tujuan untuk mengurangi jumlah pakaian yang kamu bawa. Cobalah bertanya pada penginapan kamu jika mereka memiliki fasilitas laundry dengan harga yang terjangkau, atau setidaknya keberadaan house untuk menjemur pakaian di areal penginapan.

5. Katakan “tidak” pada tukang minta oleh-oleh

Suka atau tidak, sebagian besar berat bagasi kamu sepulang dari liburan pasti akan didominasi oleh buah tangan. Hal ini tidak akan menjadi masalah jika kamu memakai maskapai yang masih memberikan bagasi free of charge—namun jika tidak, kamu tentu akan kebingungan membawa oleh-oleh tersebut tanpa harus membayar biaya bagasi tambahan.

Untuk menghindari masalah ini, cobalah belajar untuk berkata “tidak” bagi teman kamu yang suka meminta oleh-oleh. Berilah pengertian tentang biaya bagasi berbayar yang harus tanggung dan betapa kecilnya house di bagasi kabin yang kamu punya. Jika masih ngeyel, kamu pun dapat meminta mereka untuk turut serta membayar biaya bagasi tambahan yang timbul akibat buah tangan yang mereka mau.

Nah, telah tahu kan cara mengurangi berat bagasi kabin agar terhindar dari biaya bagasi tambahan? Jika cara ini berhasil, biaya touring kamu pun dapat dipangkas dan digunakan untuk kepentingan lain selama perjalanan. Secure journey!


Like it? Share with your friends!

687 shares

What's Your Reaction?

Unuseful Unuseful
0
Unuseful
Useful Useful
0
Useful
hate hate
0
hate
confused confused
0
confused
fail fail
0
fail
fun fun
0
fun
geeky geeky
0
geeky
love love
0
love
lol lol
0
lol
omg omg
0
omg
win win
0
win

Comments

comments

Powered by Facebook Comments

Choose A Format
Personality quiz
Series of questions that intends to reveal something about the personality
Trivia quiz
Series of questions with right and wrong answers that intends to check knowledge
Poll
Voting to make decisions or determine opinions
Story
Formatted Text with Embeds and Visuals
List
The Classic Internet Listicles
Countdown
The Classic Internet Countdowns
Open List
Submit your own item and vote up for the best submission
Ranked List
Upvote or downvote to decide the best list item
Meme
Upload your own images to make custom memes
Video
Youtube, Vimeo or Vine Embeds
Audio
Soundcloud or Mixcloud Embeds
Image
Photo or GIF
Gif
GIF format